Jika pada akhir waktu, rasa hati tidak aku ungkapkan, aku akan tetap berusaha membuatnya hidup dalam tulisan-tulisanku.

Monday, March 24, 2014

H-21 Ujian Nasional



Hai, anak kelas dua belas SMA!

UN atau Ujian Nasional tinggal menghitung hari lagi, mudah-mudahan sih materinya segera siap sebelum hari H nanti. Ngomong-ngomong ujian nasional yang identik dengan kesibukan belajar, kita pasti kehilangan beberapa kegiatan yang kita suka. Seolah-olah Time is Knowledge. Waktu yang harusnya untuk main, sekarang harus direlakan untuk belajar. Bahkan, waktu untuk tidur aja jadi waktu untuk belajar. Mata berkantung, tekanan darah rendah, wajah lesu, UKS di sekolah penuh kelas XII, dan yang paling sering didengar “H-sekian UN nih”. Dihadapi dengan Ujian Praktek, Ujian Sekolah dan Try Out yang datang berduru-duru itu sangat amat repot. Beberapa bulan yang lalu masih bisa main setelah pulang sekolah sampai sore. Sekarang? Pikir berkali-kali deh untuk main. Tulisan kali ini sih cuma pengen curhat aja kalau aku lagi kangen sama hal-hal yang dulu biasanya dilakukan tanpa kepikiran “belajar”.


TEMPAT

Perpustakaan kota. Di kelas XI, perpustakaan kota jadi tempat yang paling pas untuk baca buku, cari ketenangan, dan inspirasi. Beberapa hari lalu aku lewat perpustakaan dan ternyata ada beberapa renovasi di halamannya. Ah, jadi nggak sabar untuk baca buku di sana lagi.

Djendelo. Tempat ini punya banyak cerita, dari mulai nonton stand up comedy, ketemu comic-comic kece, ketemu penyiar favorit, punya teman baru sampai masalah baru juga. Selain punya cerita, Djendelo juga punya coklat panas yang bikin kangen banget. Djendelo adalah tempat yang paling pas untuk buat puisi cinta *tsah...


HIBURAN

Stand up comedy. Rasanya kangen banget nonton show stand up comedy secara live lagi. Boro-boro show, open mic yang biasanya di Djendelo aja nggak pernah lagi. Terakhir datang ke show stand up adalah Illucinati-nya Koh Ernest bulan Desember kalau nggak salah. Duh, harus sabar banget ya. Walaupun nggak bisa nonton live, SUCI4 nggak pernah terlewatkan setiap malam jumat.

Kos-kosan Gayam. Geronimo di malam Jumat itu memang nggak ada duanya! Gara-gara belajar jadi sering ketinggalan dan terlupakan untuk Kos-kosan Gayam ini.


HOBI

Buku. Setiap hari selalu sama buku pelajaran dan buku les, buku fiksi dan non fiksi udah ngantri dari beberapa bulan yang lalu untuk dilahap. Beberapa kali ke toko buku diakhiri pulang dengan tangan kosong karena nggak mungkin beli buku, godaan untuk bacanya itu kuat. Memang, buku itu kebahagiaan yang sederhana untuk sebagian orang.

Jalan-jalan. Kelas XI, teman-teman sering ngajak ke pantai, ke bukit atau ke tempat terselubung di Jogja lainnya. Sekarang? Semua itu masih jadi wacana untuk hari-hari setelah UN nanti.


KEBIASAAN

Media sosial. Sebenarnya sih ini bukan hobi, ya cuma untuk perbandingan aja sih. Dulu sebelum sibuk belajar, Twitter itu setiap hari, BB nggak pernah off, dan Wifi selalu terpancar di rumah. Sekarang? Ansosmed. Untung saja aku bukan tipe orang yang bergantung dengan media sosial untuk sosialisasi.

Blog. Nah ini, banyak banget yang mau di-post, mulai dari kisah Hamlet, puisinya Ophelia yang aku buat sama Laras, beberapa surat, dll. Selama ini kok bisa? Tapi ya namanya juga kebiasaan, curi-curi waktu untuk di depan laptop sebentar masih bisa sih hehehe.

Urusan cinta? Duh, lagi nggak punya waktu *halah.


Mungkin itu beberapa kebahagiaan yang sedang pergi. Di luar sana mungkin banyak dari mereka masih bisa mengatur waktu untuk melakukan hobi. Mau gimanapun harus tetap bahagia, usaha dan belajar bersama teman-teman terbaik di detik-detik perpisahan itu jauh lebih berharga. Sabar dulu, sukses membutuhkan waktu dan proses.


Beberapa tips dan semoga bermanfaat:

-Jangan lupa jaga kesehatan dan jangan memaksakan diri untuk belajar sampai lupa istirahat
-Mempersiapkan mental (jangan pesimis)
-Manajemen waktu mengerjakan soal UN
-Latihan berbagai macam tipe soal
-Jangan sepelekan pelajaran Bahasa Indonesia
-Jangan hanya menghapal rumus
-Jangan malas mencari soal atau apapun yang berhubungan dengan UN dan SBMPTN di internet, banyak banget loh
-Jangan sia-siakan fasilitas bimbel bagi yang mengikuti bimbel
-Jangan malu tanya sama teman yang lebih pintar
-Setelah UN jangan langsung santai, ingat SBMPTN
-Setelah UN tetap tawakal berdoa ya
-Meminta maaf jika memiliki kesalahan
-PALING PENTING! Minta doa restu dan minta maaf sama orang tua atas segala kesalahan



Mohon doa restu untuk SNMPTN ke Universitas Brawijaya ya!

Selamat belajar, semua!

2 comments: